Contoh Proposal Pembangunan Diniyah Takmiliyah Awaliyah



Serbandeso.com - Pembangunan fasilitas umum yang berfungsi sebagai tempat belajar bagi masyarakat merupakan kewajiban bersama masyarakat dan pemerintah, sebelum melaksanakan pembangunan masyarakat berkumpul untuk bermusyawarah untuk merencanakan pembangunan yang dikelola oleh panitia pembangunan.

Setelah panitia terbentuk, kemudian membuat proposal sebagai bahan acuan pembangunan. Selain itu, proposal juga sebagai bentuk legalitas atau bukti bagi donatur atau pemerintah bahwa pembangunan tersebut benar adanya. pada kesempatan ini serbandeso.com akan memberikan contoh proposal pembangunan diniyah takmiliyah awaliyah yang baik.   

Berikut adalah contoh Proposal

PROPOSAL
PEMBANGUNAN RUANG KELAS
DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH .....

A.      PENDAHULUAN
Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu wadah dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa Indonesia adalah lewat pendidikan. Dengan pendidikan akan tercipta manusia yang mempunyai Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Usaha peningkatan SDM tersebut merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. DTA ........ Dusun Sindangrasa Desa ........ selaku lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang mempunyai SDM yang berkwalitas tinggi. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak bisa bergerak sendiri, maka dalam hal ini bantuan pemerintah merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dilepaskan. Adapun bentuk bantuan yang sangat mendesak saat ini yaitu berupa bantuan untuk kegiatan pembangunan sarana pendidikan berupa ruang kelas, karena dilihat dari jumlah siswa  dari tahun ke tahun yang terus bertambah tidak terimbangi oleh sarana pendidikan yang memadai. Sehingga dalam proses pembelajaran terasa kurang efektif dan nyaman bagi kegiatan belajar mengajar karena melebihi batas normal. Oleh karena itu perlu adanya pembangunan ruang kelas baru yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan pembelajaran di Diniyah Takmiliyah Awaliyah sehingga dengan tersedianya dana yang memadai dan diharapkan mampu memberikan tempat pendidikan yang nyaman, aman serta tentram.

B.        LATAR BELAKANG
Salah satu indikator dari pemerintahan yang baik adalah adanya perhatian dari Pemerintah kepada bidang pendidikan baik itu yang menyangkut masalah keilmuan. Lembaga pendidikan secara fisik merupakan salah satu sarana yang memiliki arti strategis dan dominan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang beriman, bertaqwa dan memiliki keterampilan yang tinggi. Dengan adanya sarana pendidikan yang memadai diharapkan mampu memberikan dampak yang positif kepada santri berupa penanaman karakter kebangsaan.
Lembaga pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah ........ merupakan lembaga pendidikan non-formal yang diselenggarakan oleh masyarakat. Hal ini tentu masih banyak kekurangan baik dari sarana dan prasarana pendidikan. Dalam pemenuhan sarana pendidikan swadaya masyarakat dan pemerintah dilihat sangat penting untuk mewujudkan pendidikan yang ideal sebagaimana amanat undang-undang.
  
C.      PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
DTA ........ sebagai lembaga pendidikan non-formal mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berada di lingkungan sekitar terutama santri sebagai penerus sihingga mempunyai karakter keagamaan serta kebangsaan yang tinggi, berkenaan dengan hal tersebut perlu adanya suatu lembaga pendidikan yang yang memadai baik secara sarana maupun prasarana sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang sehat dan aman.

D.     MAKSUD DAN TUJUAN
a.      Maksud
Proposal ini di buat dengan maksud sebagai pedoman/pegangan pelaksanaan pembangunan Diniyah Takmiliyah Awaliyah ........ dan donator serta Bapak/Ibu yang ingin beramal Jariah dalam penyelenggaraan pembangunan Diniyah Takmiliyah Awaliyah ........ Dusun ........, Kabupaten Ciamis, Privinsi Jawa Barat.
b.      Tujuan
Proposal ini dibuat agar dapat dijadikan gambaran bagi pemerintah kab. Ciamis dan donator yang beramal jariah guna terselesaikannya pembangunan Diniyah Takmiliyah Awaliyah ........, Kabupaten Ciamis.

E.      SUSUNAN PENGURUS
(Terlampir)

F.       RENCANA SUMBER DANA RENCANA ANGGARAN BIAYA
Rencana sumber dana adalah dari Pemerintah Kabupaten Ciamis dan swadaya santri/masyarakat sekitar.
1.      RENCANA SUMBER DANA
1.      Swadaya Santri/Masyarakat                    :........,-
2.      Bantuan Pemerintah Kab. Ciamis            ........,-
Jumlah                                                      ........,-
2.      Rencana Anggaran Biaya :
(Terlampir)

G.     METODE/CARA PELAKSANAAN KEGIATAN
1.        Prosedur
a.    Nama Kegiatan
”Pembangunan Ruang Kelas DTA ........
b.    Waktu Pelaksanaan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tahun 2018
b.    Tempat Pelaksanaan
Dusun ........
2.        Organisasi Pelaksana
Pengurus Lembaga DTA ........

H.     TARGET  KINERJA
Melalui pemanfaatan dana pembangunan ruang kelas ........ selanjutnya akan dipergunakan untuk keperluan pembangunan ruang kelas DTA ........ yang bersumber dari kas pemerintah Kab.Ciamis serta swadaya Masyarakat sekitar Semoga harapan ini terwujud sesuai dengan rencana jika semua pihak termasuk dari pemerintah Kabupaten Ciamis ikut andil.

I.        PENUTUPAN.
Demikian proposal Bantuan ini kami buat, yang tentu memerlukan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak khususnya dari pihak Pemerintah Kabupaten Ciamis.
Untuk mewujudkan pemanfaatan bantuan pembangunan ruang kelas tersebut bukanlah hal yang mudah. Insya Alloh dengan tekad yang kuat dan pertolongan Alloh SWT, Pemanfaatan tersebut dapat terwujud sesuai harapan kita bersama. Amiiiin.









Proposal yang baik terdiri dari
  1. Cover Proposal
  2. Surat pengantar
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi Proposal
  5. Isi Proposal
  6. Lampiran Foto Copy Rekening Lembaga
  7. Foto Copy KTP Pengurus
  8. Daftar Pengurus Lembaga
  9. Dokumen Legalitas Lembaga
  10. Surat Keterangan Tanah
  11. Foto terbaru bangunan 


Purwadadi, 12 Februari 2019
Kepala DTA ........



........................................




Belum ada Komentar untuk "Contoh Proposal Pembangunan Diniyah Takmiliyah Awaliyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel