Cara Menyemai Padi dengan Jaring


Salam Pertanian - Tahukah anda cata terbaru menyemai padi dengan jaring? jika belum pas sekali anda membaca artikel ini. jadi seiring perkembangan di dunia pertanian orang terus berkreasi membangun kreatifitas sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukannya. baru-baru ini telah ditemukan cara penyemaian padi menggunakan jaring. 

Masyarakat petani setelah selesai musim panen, maka harus bersiap untuk musim tebar benih. Biasanya tebar beni dilakukan secara konvensional atau seperti yang biasa dilakukan pada umumnya, namun setelah beredarnya cara penyemaian padi dengan metode jaring banyak sekali yang mencoba teknik tersebut karena jika dilihat dan diamati menyemai padi dengan jaring sangat efektif dan efisien buat patani. Para petani dapat memangkas waktu saat pencabutan benih padi (Ndaut) yang awalnya harus mencabut satu persatu dengan teknik enyemaian padi mengguakan jaring bisa dilakukan dengan cepat. selain itu, dengan menggunakan teknik ini ternyata juga dapat memotong biaya Cost yang dikeluarkan oleh petani. 

Nah... berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan jika tertarik dengan tips ini yaitu menyemai padi dengan jaring. secara umum caranya sama seperti cara yang dilakukan pada umumnya yang membedakan adalah sebelum padi di tebar atas tanahnya dikasih jaring waring yang lubangnya kecil untuk jaring yang bisasa dipakai bisa dilihat divideo dibawah ini. 

Langkah-langkahnya:
1. Siapkan benih padi yang akan disebar biasanya di rendam selama 2 malam kemudian dituras dan diungkep selama 2 hari supaya muncul kecambah padinya.
2. Siapkah lahan penyemaian padi seperti layaknya menyemai pada pada umumnya.
3. Taruhlah jaring waring diatas tempat lahan penyemaian padi.
4. Waring yang sudah diletakan kemudian ditutup dengan tanah (lumpur secara merata) bisa juga menggunakan abu (Hasil Bakaran Merang). 
5. Taburkan benih padi secara merata sebagaimana penyemaian padi pada umumnya.
6. Rawat penyemaian benih padi supaya tumbuh dengan subur termasuk berikan pupuk secukupnya
7. Pada saat mau mencabut benih padi pastikan air disiapkan secukupnya dan anda tidak perlu mencabut benih padi satu persatu namun langsung dengan cara mengangkat jaring yang berada dibawah akar semaian padi.


Anda tertarik untuk mencobanya? selamat mencoba semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan anda untuk menyemai padi. Salam petani indonesia.


SEMOGA SUKSES   

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyemai Padi dengan Jaring"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel