Cara membuat Nasi Kuning yang Gurih Enak dan Lezat


Serbandeso.com - tahukah kamu nasi kuning? nasi kuning merupakan warisan budaya khas indonesi khususnya masyarakat indonesia khususnya masyarakat jawa. nasi kuning biasanya dipakai sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atau biasa dikenal dengan istilah syukuran. pada moment tertentu, masyarakat jawa membuat nasi kuning sebagai bentuk ungkapan syukur kepada sang pencipta. 

namun tidak hanya masyarakat jawa saja yang biasa membuat nasi kuning sebgai bentuk ungkapan rasa syukur, namun sekarang sudah hampir seluruh nusantara menggunakan nasi kuning sebagai media bentuk ungkapan rasa syukur, nasi kuning sering digunakan pada saat ulang tahun anak tersayang, acara syujuran atas panen yang melimpah bagi petani, saat mau membangun rumah dan momen-momen lain yang dianggap penting oleh masyarakat, karena dengan ngkapanrasa syukur dipercayai masyarakat akan menambahka rejeki yang banyak da memberi keberkahan hidup.

Cara membuat Nasi Kuning yang Gurih Enak dan Lezat

Car pembuatan nasi kunng sendiri tergolong muda bagi yag sudah terbiasa, naun akanterasa agak sulit bagi yang belum terbiasa. bagi temen-teman yang belum terbiasa membuat masaka nasi kuning pas sekali anda masuk atau membaca atikel ini yaitu cara membuat nasi uning yang gurih dan lezat  

nasi kuning biasanya dihidangkan dengan menu makanan lainnya seperti mie goreng, gorengan telur dadar yang di iris kecil-kecil, perkedel singkong, tempe goreng, dan makanan lainnya bisa disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. untuk menghidangkan masakan nasi kuning setiap masyarakat berbeda-beda ada yang berbentuk tumpeng menggunakan piring biasa namun lazimnya berbentuk tumpeng menggunakan tampah (bahasa Jawa) seperti gambar diatas kemudian di sekeliling tumpeng ditaburi irisan gorengan telur dadar, gorengan bawang merah, beberapa helai daun seledri, irisan wortel dan irisan wortel untuk mempercantik tampilan nasi kuning.

Cara membuat Nasi Kuning yang Gurih Enak dan Lezat

Sebelum membuat nasi kuning ini ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan

BAHAN

1. Beras 
2. Kelapa (santan)         
3. Kunyit (kunir Bahasa Jawa)
4. daun Serai
5. Daun Salam
6. Daun bawang merah
7. Daun pandan
8. Lengkuas
9. Jahe
10. Garam

Nah...... setelah mengetahui bahan yang dibutuhkan yuk langsung simak cara pembuatannya.
1. Cuci beras hingga bersih dan rendam beberapa menit supaya sehatdan higinis
2. bumbu yang sudah disapkan kemudian haluskan yaitu jahe, kunyit, garam
3. capurkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam santan dalam satu wadah
4.Panaska santai menggunakan penanak nasi sampai mendidih dan masukan beras sambi diaduk terus hingga sampai matang (airnya susut)
5. siapkan pengukus (untuk mengukus nasi kuning yang sudah setengah matang)
6. Proses pengukusan ditunggu sampai kurang lebih 20-30 menit
7.Pada sat pengukusan nasi dicampur dengan daun salam dan pandan tujuannya untuk memberikan bau harum pada masaka nas kuning.
8.Nasi kuning sudah matang dan siap untuk dihidangkan.

nah... mudah bukan cara pembuatan nasi kuning setelah membaca artikel ini, 
untuk mempercantik hidangan nasi kuning ini juga bisa disajikan dengan meu makanan lainnya sesuai kesukaa selera keluarga anda, adapun yang biasa yaitu menabahkan gorengan kacang tanah, gorengan telur yang sudah di iris lemut, dan ata bisa juga dengan suiran dagig ayam. sebagai contoh proses penghidanganya bisa melihat foto diatas.  

demikian artikel tentag cara mebuat nasi kuning dengan mudah dan lezat, selamat mencoba semoga bermanfaat jangan lupa share ke teman di medsos kalian supaya bermanfaat juga.

jika teman-teman ada yang mash bingung tentang cara membuatnya silahkan tuliskan dikolom komentar, bisa sharing dan juga bisa saling melengkapi dari artikel ini. karena indahnya berbagi pengetahuan yang kita miliki sehingga berguna dan bermanfat untuk orang lain. 

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat Nasi Kuning yang Gurih Enak dan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel