9 Komponen Komputer Beserta Fungsinya


Komponen Dasar Komputer - Tahukah anda bahwa komputer atau dalam bahasa inggris disebut dengan computer, merupakan terdiri dari 2 bagian penting yaitu hardware dan software. Hadware adalah perangkat keras yang kasap mata atau kelihatan oleh mata seperti CPU, Monitor Keyboard dan mouse. sedangkan perangkat lunak atau software merupakan sebuah program yang bekerja memproses data sehingga menhasilkan data sesuai yang di inginginkan. 

Dari keterangan diatas, jadi semakin jelas bukan? nah pada pembahasan berikut akan dibahas mengenai bagian komputer (hardware) serta fungsinya. 

Berikut bagian-bagian Komputer dan fungsinya
  • Mainboard 
Mainboard juga dikenal dengan istilah matherboard berasal dari bahasa inggris yang berarti Board Induk (komponen utama). Mainboard berfugsi sebagai komponen utama dalam sebuah komputer, semua komponen lainnya akan menginduk ke matherboard. 
  • Hadrdisk
Hardisk merupakan media penyimpanan data yang berfungsi untuk menampung hasil pekerjaan dalam bentuk sebuah file. ada banyak type file yang dapat disimpan dalam hardisk semuanya memiliki karakter tersendiri sesuai dengan ekstensi penyimpanan dari masing-masing software, bisa file .doc, .xml, JPG, MP4 dan masih banyak lainnya. semakin besar kapasitas gardisk yang dimiliki maka akan semakin besar juga Space yang dimiliki untuk menyimpan berbagai macam type file. sampai sekarang sudah banyak sekali hardisk yang memiliki space besar mencapai 1 TB = 1.000 GB Bytes. adapun merk atau vendor yang memproduksi hardisk cukup lumayan banyak diantaranya adalah seagate, WDC, Toshiba dan masih banyak lainnya. 
 
  • Prosesor

Prosesor merupakan merupakan komponen otak yang berfikir untuk mengolah data. jika prosesor semakin tinggi maka akan semakin cepat pula untuk memproses datanya. beberapa tingkatan prosesor juga bermacam-macam yang dikelompokan sesuai dengan kecapatannya diantaanya yaitu Pentium 1, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Cuard Core, Core i3, Core i5, Core i7 dan untuk prosesor tercanggih sekarang ini yaitu prosesor Sandy Bridge genenari pertama dan kedua.  
  • Ram

Random Acces Memory (RAM) merupakan media penyimpanan sementara saat melalukan prosesing data. semakin besar RAM yang dipakai maka akan semakin cepat pemrosesan datanya. apalagi dengan semakin majunya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya software yang bekerja untuk editing dan design grafis tentu membutuhkan RAM yang besar.  
  • Power Supply
Sesuai dengan naanya, Power supply merupakan bagian yang membagi arus listrik ke semua komponen komputer yang ada. Semakin besar jumlah watt yang dikeluarkan oleh sebuah power supply maka akan semakin bagus, terlebih utntuk jenis power supply tertentu yang tingkat keakuratannya mendekati Pure akan lebih baik. ada beberapa vendor yang memproduksi diantaranya thermaltake, venom dan masih banyak yang lainnya. semakin bagus prosesor maka akan semakin membuat kinerja komponen lainnya dan akan tidak mudah rusak karena memiliki supplay listrik yang stabil.  
  • VGA Card

VGA Card biasa disebut dengan kartu grafis yang berfungsi untuk menampilkan kualitas gambar. semakin bagus VGA Card maka gambar yang ditampilkan akan semakin lebih nyata. 
  • Sound Card
Sound card berfungsi untuk memproses data yang dikonversi kedalam sebuah bunyi. pasti pernah mendengan orang yang sedang menyalakan computer atau laptop sekaligus sambil mendengarkan musik? Suara yang dihasilkan dari sebuah komputer merupakan hasil dari kerja Sound Card. 
  • Keyboad 
Keyboard termasuk dalam kategori bagian input sebuah computer yang berfungsi sebagai media input atau memberi perintah saat mengoprasikan komputer.  
  • Mause
Sebagaiana Keyboard, Mouse juga media input yang memberi perintah untuk menjalankan program tertentu dengan menggunakan klik.  

Belum ada Komentar untuk "9 Komponen Komputer Beserta Fungsinya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel