7 Tips Cara Cepat Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

Menjadi sarjana merupakan impian banyak orang terutama kedua orang tua, tidak sedikit orang tua yang banting tulang asalkan anaknya bisa mendapat gelar sarjana. harapan tersebut tentulah wajar mengingat persaingan usaha semakin sulit. semua orang tua berharap dengan menyekolahkan anaknya sampai ke perguruan tinggi mereka nantinya akan mendapat pekerjaan yang lebih layak serta mampu bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik. 


Wisuda Sarjana sudah pasti sangat dinanti-nantikan bagi mereka yang sedang belajar dan juga orang tua, setelah mencapai tahap ini berarti tugas anda sebagai mahasiswa dan bentuk pertanggung jawaban anda kepada orang tua telah terpenuhi. Namun ada sebagian mahasiswa mereka ingin sekalai lulus kuliah namun mereka merasa kesulitan karena berbagai macam faktor dan alasan, mengingat persoalan setiap individu tidaklah sama.  

1. Fokus belajar dari semester awal
Tugas utama sebagai seorang mahasiswa adalah belajar denga rajin sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada orang tua yang telah memberikan amanah kepada anaknya untuk belajar di perguruan tinggi. pada intinya belajar memang tidaklah di bangku campus saja melainkan juga bisa dilakukan diluar kampus salah satunya yaitu dengan mengikuti kegiatan organisasi baik berupa kegiatan BEM kampus maupun kegiatan yang lainnya, namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlalu terlena dengan kegiatan diluar kampus. 
Fokus belajar sejak awal perkuliahan menjadi faktor utama jika menginginkan lulus tepat waktu, karena dengan fokus belajar menjadi tidak ketinggalan dengan materi sehingga setiap ujian atau test akan selalu lulus sehingga tidak perlu mengulang pada semester berikutnya.   


2. Patuhi aturan main akademik
Mengetahui peraturan akademik kampus merupakan strategi yang perlu diperhatikan karena dengan mengetahui aturan yang telah ditentukan oleh kampus bisa mengatur strategi belajar yang akan diambil. salah satunya yaitu dengan cara mengatur jadwal perkuliahan sehingga memudahkan untuk mengatur perkuliahan sehingga perkuliahan bisa berjaan sesuia dengan yang diharapkan.   

3. Konsultasi dengan dosen akademik
Sebagai seorang mahasiswa tentu memiliki pembimbing yang dinamakan dosen pembimbing akademik atau apalah namanya mungkin setiap kampus berbeda, namun tidaklah menjadi persoalan yang penting pada intinya memiliki dosen pembimbing akademik, adanya dosen pembimbing akademik adalah untuk sharing selama proses pembelajaran di kampus. Memberikan solusi terhadap persoalan perkuliahan yang dimiliki selama belajar dikampus. Berdiskusi merencanakan perkuliahan yanga akan dilaksanakan bisa didiskusikan dengan dosen pembimbing akademik. 

4. Maksimalkan pengambilan SKS
Sistem Kredit Semester atau yang biasa disebut dengan SKS, ketentuan pengambilan SKS setiap kampus biasanya tidaklah sama, itu bukanlah menjadi persoalan karena itu sudah menjadi kebijakan kampus dan yang perlu dilakukan jika menginginkan lulus dengan cepat adalah maksimalkan pengambilan jumlah SKS dalam setiap semesternya. untuk pengambilan jumlah SKS juga bisa di konsultasikan dengan dosen pembimbing akademik. 

5. Jangan terlalu sering hangout
Hiburan memang menjadi kebutuhan untuk setiap orang, namun tentu harus diukur juga dengan kewajiban sebagai seorang mahasiswa. meskipun jangan terlalu sering hangout dengan teman tapi harus bisa menjaga pertemanan intinya adalah buatlah perkuliahan menjadi prioritas utama. 
     
6. Atur waktu (perencanaan)
Mengatur waktu merupakan kunci utama jika menginginkan cepat lulus kuliah, sesibuk apapun jika pandai membagi waktu antara kuliah dengan bermain dengan teman, sibuk berorganisasi harus memprioritaskan perkuliahan. 

7. Tentukan topik Skripsi (Tugas Akhir)
Saat memasuki semester akhir berarti tugas Skripsi atau tugas akhir, menentukan tema dan judul skripsi sebaiknya ditentukan kemudian dikonsultasikan dengan pembimbing akademik agar tugas akhir anda berjalan dengan lancar. membuat tugas akhir tidaklah semudah apa yang dibayangkan, perlu adanya ketekunan dan sering seringlah berkonsultasi dengan pembimbing. karena dengan sering berkonsultasi membuat semakin mudah untuk membuat tugas akhir.

Demikianlah tips yang bisa dicoba agar cepat lulus kuliah. semua tergantung pada diri sendiri karena pertanggung jawaban yang sesungguhnya adalah menjadi tanggung jawab diri sendiri  

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Cara Cepat Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel