5 Macam Merk Sepeda Onthel Zaman Kuno Yang Wajib Diketahui



Onthelis Mania - Yuk Mari kita bernostalgia membahas sepeda onthel kuno jaman dahulu. ternyata ada banyak sekali sepeda onthel pada jaman dahuhu dan ternyata sekarang sedang dicari oleh para penikmat onthel atau kolektor sepeda tua. ada merk apa saja yang sih sepeda onthel jaman dahulu kita simak bersama sepeda macam-macam sepeda onthel jaman dahulu. 

Sepeda Simplex 
Sepeda simplex adalah sepeda onthel keluaran negara inggris yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bernama Simplex automatic Machine Company yang didirikan oleh Charles Bingham. Pabrik tersebut didirikan pada tahun 1987 di Utrecht Stationdwarsstraat. 
1887 : Awal Berdirinya Perusahaan Simplex automatic Machine Company.
1890 : Simplex memulai produksi sepeda secara utuh (lengkap langsung bisa dipakai)
1899 : Perubahan nama perusahaan dari Simplex automatic Machine Company menjadi NV Simplex. Pada tahun ini memproduksi sepeda, motor dan pabrik mesin lainnya.
1908 : Sepeda roda tiga dibuat terutama untuk membawa orang sakit dan skaligus menjadi kendaraan jarak jauh.  
1939 : Sepeda alumunium pertama dikenalkan dengan berat 12 Kg.
1952 : Bekerja sama antara Simplex dan Locomotief  
1955 : Berhasil memproduksi sepeda sebanyak Satu Juta Unit Sepeda Onthel. 
1968 :  Perusahaan Simplex diambil alih oleh Gazelle

Sepeda Veeno
Sepeda veno dibuat pertama kali oleh Pieter Van Der Rzn, awalnya sang pembuat sepeda adalah petugas reparasi sepeda yang datang ke bedum, ia memulai usahanya di sebuah gudang di belakang rumahnya.  Sepeda Veeno awalnya bermerek Bedum namun setelah membuat perusahaan pada tahun 1917 nama tersebut merepakan singkatan dari Van Der Van yang diberi ekstensi o hal tersebut karena penggunaan nama bedum tidak lagi diizinkan. pada tahun 1920 perusahaan diubah menjadi sebuah PT publik  yang bernama Public Limited Company. 

Sepeda Gazelle     
Sepeda Gazelle ini berawal dari seorang yang bernama Willem Kolling agen sebuah kantor pos yang mengundurkan diri kemudian memulai usaha dagang sepeda yang memesan sepeda ke inggris pada tahun 1892. pada tahun-tahun berikut kemudian bekerja sama dengan seseorang yang bernama Arentzen. Pada Tahun 1902 pertama kalinya sepeda Merk Gazelle berhasil dijual dipasaran. 

Sepeda Hercules   
Sepeda hercules dibuat sekitar tahun 1954-1958. Sepeda onthel ini bukanlah tergolong sepeda onthel mewah seperti merk simplex namun tergolong populer di indonesia pada zaman dahulu mengingat perekonomian masyarakat pada zaman tersebut bisa dikatakan masih sangat sulit karena banayaknya cobaan yang melanda indonesia.

Sepeda Batavus

Batavus adalah merk sekaligus nama sebuah perusahaan yang didirikan oleh Andries Gaastra, awalnya, ia memulai usaha dagangnya menjadi seorang pedagang jam tangan dan mesin jahit. pada tahun 1911 merk dagang ini masih menjual mesin jahit dan bagian-bagian sepeda secara terpisah sebagai contohnya yaitu lampu dengan bahan bakar karbit. sejak tahun 1924 merk sepeda Batavus pertama kali digunakan meskipun dengan berbagai macan situasi dan kondisi pada masa itu. setelahnya yaitu pada tahun 1928 Gerrit Gaastra memimpin langsung produksi dan periode inilah ia mengembangkan lebih luas dan iapun berhasil memproduksi sepeda dengan nama Phoenix dan setelahnya kemudian ia memproduksi merk sepeda dengan nama batavus semua. 

Berikut adalah gambar-gambar sepeda onthel klasik yang dimiliki


Sepeda Onthel Kuno Merk Triump

Sepeda Onthel Kuno Merk Hercules

Berko Sepeda Onthel Kuno Merk Boss

Sepeda Onthel Kuno Super  Jadul


 Sepeda Onthel Klasik Merk Mister




    

Belum ada Komentar untuk "5 Macam Merk Sepeda Onthel Zaman Kuno Yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel