4 Cara Paling Efektif Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi


Serabandeso.com - Tahukah anda bahwa tikus murupakan hewan pengerat yang paling bernahanya bagi petani? hewan ini tentu sangat merugikan para petani khususnya petani padi. namun tidak menutup kemungkinan bahwa hewan yang bernama tikus ini juga merusak tanaman lain milik petani. 

Tikus sangat banyak dijumpai di area pesawahan milik petani, oleh sebab itu tikus sangat berpotensi merusak tanaman terutama padi. nah pada kesempatn ini kita akan membahas cara mengusir hama tersebut. namun sebelumnya kita cari terlebih dahulu mengapa tikus merusak tanaman petani.

Keseimbangan ekosistem sawah yang mulai tidak stabil diantara populasi ekosistem sawah membuat tikus merajalela. hal ini disebabkan ketidak stabilan jumlah populasi ekosistem sawah. ketidak seimbangan ekosistem sawah berdampak pada hal-hal yang merugikan petani. 

Rusaknya ekosistem sawah, tentu adalah ulah manusia, manusia terlalu serakah sehingga mereka membuat ketidak seimbangan alam. populasi tikus di sawah terlalu banyak dikarenakan hewan-hewan yang memangsa tikus tersebut jumlahnya sangat berkurang bahkan sangatlah minim. contoh hewan pemangsa tikus adalah, ular dan burung elang. Hewan tersebut diburu habis-habisan oleh manusia untuk dijual dehingga populasinya menjadi sangat kurang sedangkan hewan tersebut jika tidak diburu menjadi penyeimbang ekosistem sawah karena memakan tikus. 

Tips yang paling efektif untuk mengatasi hama tikus pada tanaman padi adalah:
  1. Bersihkan area sekitar tanaman padi dari rumput yang lebah terutama pada bagian-bagian tertentu yang tidak ditanami padi. ini sangat penting karena tikus sangat suka dengan selak belukar.
  2. Rajin Menangkap Tikus, Jadi petani harus rajin menangkap tikus dengan cara Moro tikus (bahasa jawa). jika melihat lubang tikus di dekat tanaman padi.
  3. Meracun tikus, Banyak obat racun tikus yang ada di toko-toko pertanian. gunakan dengan bijak.
  4. Menyeimbangkan kembali Ekosistem sawah. nah poin ini yang menjadi sangat penting, proses ini sangatlah efektif karena proses ini berjalan alami yaitu dengan cara semisal membudidayakan burung hantu di sawah dengan cara membuatkan rumah-rumahan sehingga burung hantu tersebut betah tinggal di sawah, dengan demikian burung tersebut akan menangkap tikus ketika lapar untuk dimakan.

Demikian Tips yang serbandeso share ke teman-teman petani, semoga setelah mengetahui tips tersebut dapat untuk dipraktekan secara langsung. terutama untuk tips nomor 4 karena menurut admin sangat efektif karena mengembalikan kondisi alam seperti semula.

        

   

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Paling Efektif Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel